Girls' Generation adalah salah satu girlband Korea Selatan
yang popularitasnya telah mendunia. Dibawah naungan SM Entertainment, Girls'
Generation dibentuk tahun 2007 dengan total sembilan personil. Mereka adalah
Tae Yeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Kwon Yuri, Sooyoung, Yoona dan
Seohyun.
Girls' Generation
juga sering disebut SNSD oleh Sone (sebutan fans Girls' Generation), singkatan
dari "So Nyeo Shi Dae" dalam bahasa Korea. Pada awalnya, mereka
diberi nama Super Girl, versi wanita dari Super Junior. Namun nama itu kemudian
diubah menjadi Girls' Generation.
Masing-masing
personil terpilih dari berbagai macam metode, yaitu mulai dari audisi (beberapa
melalui SM Sistem Casting) hingga audisi terbuka. Setelah melalui seleksi
ketat, mereka berhasil menjadi peserta training di asrama SM Entertainment.
Durasi training masing-masing personil berbeda, rata-rata lebih dari 3 lima
tahun. Hanya Sunny saja yang menjalani masa training singkat di SM selama 9
bulan, karena sebelumnya keponakan CEO SM Entertainment ini sudah dilatih
selama 5 tahun di agensi lain. Sebagian personil Girls' Generation sudah
dilatih di bidang akting dan modeling, serta berpengalaman menjadi model iklan
di televisi dan majalah.
Girls' Generation
resmi debut di industri musik pada 5 Agustus 2007 di panggung SBS
"Inkigayo" dengan single perdana "Into the New World". Di
tahun yang sama, mereka merilis full album berjudul "Girls'
Generation" dengan sejumlah single yang langsung populer seperti "Kissing
You" dan "Baby Baby".
Selama perjalanan
karirnya hingga sekarang, Girls' Generation sudah menelurkan total 3 album,
yaitu "Girls' Generation" (2007), "Oh!" (2010) dan
"The Boys" (2011). Mereka juga punya koleksi album Repackaged, yaitu
"Baby Baby" (2008) dan "Run Devil Run" (2010). Sedangkan
untuk mini album, Girls' Generation sudah mengantongi 3 judul, "Gee"
(2009), "Tell Me Your Wish (Genie)" (2009) dan "Hoot"
(2010).
Mei 2010, Girls'
Generation resmi debut di Jepang di bawah naungan label Nayutawave Records yang
masih seperusahaan dengan Universal Music Japan dengan single "Tell Me
Your Wish (Genie)" dan "Gee" yang dinyanyikan dalam bahas
Jepang. Single "Genie" (versi Jepang) bahkan langsung menduduki
posisi ke-5 di chart prestisius Oricon. Tidak hanya itu saja, album
"Girls' Generation" telah diberi penghargaan plakat Platinum oleh
Recording Industry Association of Japan pada 14 Juni 2011 dan Double Platinum
pada 8 Juli 2011.
Pertengahan 2011,
Girls' Generation melebarkan sayap go international dengan menandatangi kontrak
bersama Universal Music Group. Universal menunjuk label Interscope Records
untuk menghandel karir Girls' Generation di Amerika Serikat dan luar negeri.
Berbekal single terbaru "The Boys", popularitas Girls' Generation
makin moncer dan lagu ciptaan Teddy Riley (produser Michael Jackson) ini
berhasil masuk ke chart Billboard. Popularitas mereka membuat Girls' Generation
ditahbiskan sebagai salah satu ikon dari Hallyu Wave.
Selain aktif di
bidang musik, para personil juga aktif tampil di berbagai judul serial, variety
show, reality show, hingga iklan dan pemotretan majalah lokal dan luar negeri.
Sudah puluhan iklan yang sudah mereka bintangi, mulai dari produk elektronik,
makanan, minuman kesehatan, fashion, kosmetik, hingga super market.
Dalam sejarah karirnya,
grup yang sering dibanding-bandingkan dengan Wonder Girls ini pernah menghelat
tiga gelaran tur konser. Pertama, tur konser "1st Asia Tour: Into the New
World (2009�2010)",
"The 1st Japan Arena Tour (2011)" dan terakhir "The 2nd Asia
Tour: Girls' Generation (2011�2012)".
0 komentar:
Posting Komentar